Kewajiban Warga Negara Indonesia

Pengertia Kewajiban

            Kewajiban adalah sesuatu tindakan atau perbuatan yang dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Setiap warga Negara harus ikut serta dalam melaksanakan semua keawajiban – kewajiban yang di atur oleh pemerintah Indonesia.

 

Disini terdapat beberapa contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia

  1. Setiap warga Negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahakan kedaulatan Negara Indonesia
  2. Keawjiban seluruh warga Negara juga membayar retribusi dan pajak sesuai ketetapan pemerintah pusat dan daerah
  3. Seluruh warga Negara wajib mentaati dan menjujung tinggi dasar Negara, pemerintahan dan hukum, serta di jalankan dengan sebaik – baiknya
  4. Dll

 

Kewajiban Warga Negara Membayar Pajak

            Disini saya akan menjelaskan pajak adalah suatu kewajiban setiap warga Negara. Pajak merupakan suatu iuran wajib rakyat kepada kas Negara berdasarkan undang – undang yang berlaku. Pajak bersifat wajib, dengan peraturan pemerintah pajak dapat di kategorikan menurut proporsi pendapatan setiap tahunnya. Pasal 23A UUD 1945 menjelaskan bahwa pajak di pungut berdasarkan undang – undang “pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dalam undang-undang.”. Pajak yang telah di kumpulkan di peruntukan bagi keperluan pembiayaan umum maupun pembangunan – pembangunan.  Di dalam pajak juga terdapat sanksi di peruntukan kepada masyarakat yang tidak melakukan kewajibannya. Seperti tercantum dalam UU Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan, dan UU No. 42 Tahun 2009 tentang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Dari penjelasan di atas bahwa membayar pajak ialah sangat penting demi pembangunan bangsa Indonesia, pembangunan infrastruktur, sarana transprotasi, sarana lalu lintas, jalan raya, dll. Oleh sebab itu untuk mendukung pembangunan kita harus menjaga infrastruktur yang telah ada, agar kita dapat memaksimalkan fasilitas yang di berikan pemerintah untuk kita, dan tidak merusaknya, karena pajak yang kita sisihkan untuk kepentingan bersama.

 

 


By zzzfadhlan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s