Hak Warga Negara Indonesia

Pengertian Hak

            Hak adalah sesuatu yang kita telah miliki sejak lahir, setiap manusia pasti mempunyai hak masing – masing dalam berkehidupan sehari – hari. Setiap hak yang kita miliki dapat digunakan tergantung bagaimana kita menempatkan hak masing – masing individu ke dalam kehidupan berKewarganegaraan yang baik.  sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri.

 

Disini terdapat beberapa contoh Hak Warga Negara Indonesia

  1. Hak warga Negara mendapat perlindungan hukum
  2. Warga Negara berhak atas pekerjaan dan kehidupan yang layak
  3. Setiap warga Negara berhak  mendapat pendidikan dan pengajaran yang layak
  4.  Dll.

 

Hak Warga Negara memperoleh Pendidikan dan Pengajaran

            Disini saya akan mencoba menjelaskan bagaiman Hak Pendidikan bagi seluruh Warga Negara dapat terpenuhi.  Pendidikan bagi setiap warga Negara adalah penting, karena pendidikan merupakan hak untuk setiap warga Negara yang merupakan cikal bakal kemajuan bangsa Indonesia. Seperti tertuang dalam Alinea ke- 4 Undang – Undang Dasar 1945 “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa,

            Dijelaskan dari kutipan Alinea ke-4 UUD 1945 Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa. Berarti pendidikan adalah suatu yang penting bagi bangsa Indonesia demi untuk memajukan kesejahteraan umum rakyat Indonesia.

            Tercantum juga pada Pasal 31 UUD 1945 yang berbunyi :

  1. Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan
  2.  Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya
  3. Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang.
  4. Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.
  5. Pendidikan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinnggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

Dari penjelasan di atas bahwa pendidikan merupakan cikalbakal Bangsa Indonesia agar dapat terus maju demi mensejahterakan kehidupan masyarakat luas.

Oleh karena itu ilmu pengetahuan itu sangat penting, karena kita dapat banyak pengetahuan yang sebelumnya belum tahu menyadi lebih tahu lagi, seperti contohnya kita bias mengetahui apa yang terjadi di dunia, baik dari segi teknologi, ekonomi, pemerintahan, dan banyak lagi yang dapat kita ketahui. Pendidikan dapat kita dapatkan dari manasaja, dari buku bacaan, guru disekolah, dosen, internet, lingkungan sekitar, bahkan dari kehidupan sehari-hari. maka dari itu seperti yang di cantumkan pemerintah mengenai Wajib Belajar 9 tahun itu sangat penting, setidanya bias membaca dan menulis. Seharusnya pemerintah bertanggung jawab atas  pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu, agar dapat mendapat pendidikan yang lebih layak lagi. Seperti contoh Negara Swiss dengan UMR sekitar 3.000 franc swiis perbulan setara dengan 29.478.000 rupiah, untuk masuk ke perguruan tinggi untuk strata-1 di perlukan 600 Chf atau kurang lebih 5 jutaan rupiah, karena kebijakan pemerintah Swiss menempatkan pendidikan sebagai program pembangunan unggulan, pemerintah Swiss berasumsi bahwa pendidikan yang baik dapat mempertahankan tingkat inovasi dan kemajuan industry negaranya, bahkan apabila ada subsidi dari pemerintah, sebagian besar subsidi diberikan untuk pendidikan, tidak di berikan ke pada BBM karena dapat mengakibatkan banyak orang yang membeli mobil. Saya pribadi mendukung tindakan dari Negara kecil di tengah eropa tersebut, semoga saja pemerintah Indonesia dapat merefisi ulang seluruh pemerintahan bangsa Indonesia dari segala aspek, agar masyarakat Indonesia dapat sejahtera, mendapat pendidikan yang layak bagi seluruh golongan bawah menengah dan atas.

By zzzfadhlan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s